RSS

Just an opinion

One day... a quest came to us.. and we decided to help. begitulah bahasa kerennya...
quest apakah itu? ternyata kami dimintai tolong untuk membantu kegiatan pembagian dana BLT.
apa itu BLT? BLT itu adalah bantuan langsung tunai. nah karena kami sedang KKN, ya jadi kami harus bantu walau sebenernya ga ada di dalam program kami.
nah akhirnya tibalah hari pelaksanaan kegiatan tersebut. ketika kami sampai dilokasi, ternyata banyak sekali warga yang menerima BLT yang katanya untuk warga miskin. liat aja nih fotonya....


ternyata eh ternyata... banyak yang bawa motor, bahkan bawa mobil! ini apa-apaan? masa orang miskin bawa mobil untuk ngambil BLT?? kenapa bisa begitu? karena indikator kemiskinan di indonesia ini memang kurang jelas saudara-saudara, dan memang sistem pendataannya juga kurang baik. nah.. daripada duitnya dibagi-bagi untuk warga yang katanya miskin dengan indikator yang tidak jelas, dan jumlah dana BLT untuk tiap keluarga juga tidak sedikit, yaitu sekitar Rp 300.000. tuh bayangin deh, daripada cuma untuk membantu sementara, kan mendingan untuk bikin lapangan kerja dan melakukan training untuk warga-warga tersebut agar bisa bekerja dan punya penghasilan yang lebih layak. jumlah keluarga yang menerima BLT ini ga sedikit loh, lebih dari 1000. seandainya pemerintah lebih bijak dalam menggunakan anggaran negara, mungkin negara ini akan jauh lebih baik kondisinya daripada kondisi yang sekarang.
sebenernya kasihan kalo melihat warga-warga di desa, karena mayoritas tingkat pendidikannya rendah, jadi wajar saja jika mereka miskin karena kurang ilmu untuk mencari nafkah. itulah bahaya dari kurangnya ilmu. jika kita miskin ilmu, kemungkinan besar kita akan miskin segala-galanya.
nah untuk temen-temen mahasiswa yang katanya pinter-pinter, ilmunya banyak, sumbangkanlah ilmu kita buat mereka. memang ga mudah, tapi kita harus berusaha agar dapat mengubah pola pikir mereka agar dapat terus berkembang dan dapat beradaptasi dengan kondisi saat ini.

sekali lagi JANGAN SAMPAI MISKIN ILMU, kalo harta bisa dicari asalkan punya ilmu. sekian :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar